Aku dan suamiku adalah penggemar rempeyek. Dulu sewaktu di Bandung, aku suka membeli peyek satu atau dua toples besar sekaligus. Penjual rempeyek langganan kami adalah ibu-ibu yang tinggal di dekat tempat kerjaku. Dan hasilnya rempeyek itu akan ludes hanya dalam hitungan hari. Kalau ada kerabat datang dari Bojonegoro, kami akan selalu menitip rempeyek. Begitu juga kalau kami pulang ke Bojonegoro, mertuaku selalu menggorengkan peyek beberapa toples sebagai oleh-oleh. Saking kangennya sama rempeyek, kami beberapa kali membelinya di toko Melati. Tapi lama-lama bangkrut. Harganya selangit! Mosok 2 Euro cuma dapat satu plastik kecil. Wah gimana nih. Tapi akupun ogah kalau disuruh menggoreng rempeyek. “Susah Yah gorengnnya, lama, males ah,” kataku pada suamiku.


Eh ndilalah saking ngilernya suamiku sama peyek, sepulang les bahasa Belanda, suamiku memberi kejutan.”SURPRISE! Aku bikin sesuatu buat Mama, gagal sih, tapi rasanya enak koq,” suamiku menghibur dirinya sendiri. Ya rempeyek pertama ini memang gagal, terlalu lembek karena salah tepung, tapi rasanya lumayan lah. Karena penasaran, suamiku membuat rempeyek part 2. “Wah, sukses! Hebat yah, enak!” sahutku memuji.


Dan kemudian, saat berbuka puasa bersama deGromiest Sabtu lalu, suamiku pun aku suruh memamerkan hasil karyanya. “Enak, siapa yang bikin nih. Bener enak lho. Wah udah pinter bikin peyek ya sekarang,” komentar beberapa teman. Alhasil, saat menemani pak Tri main ludruk, suamiku dipanggil juragan peyek. Teman suamiku besoknya malah memanggil Ismail peyek hehe. Waduh duh aku jadi istri tukang peyek nih hehe.


Suamiku mengambil resepnya dari sedap sekejap. Ini dia, tapi supaya nggak mblengeri alias enek, santennya sedikit aja yaa, terus kasih daun jeruk yang banyak. Dan kalau bikin sekalian 3 versi, peyek kacang tanah, peyek teri dan peyek kacang hijau. Dijamin puas deh, sekalian capek kan. Oh iya, jangan lupa kacang hijaunya direndem dulu semaleman yaa…. Selamat mencoba


Bahan :

200 ml tepung beras


110 gram tepung kanji ( karena aku separonya bukan santan jadi, aku tambahin kurleb jadinya 140 gram, hasilnya renyah banget)

550 ml santan dari 1/4 butir kelapa (aku pake 250 ml santan kara + 300 ml air biar ga enek)

1 butir telur, dikocok lepas

10 lembar daun jeruk, diiris tipis

75 gram teri medan, bisa diganti kacang tanah atau kacang ijo

Minyak untuk menggoreng


Bumbu halus:

3 siung bawang putih

3 butir kemiri


1/2 sendok teh ketumbar

3 cm kunyit

1/4 sendok teh jintan

1 1/2 sendok teh garam (aku pake 2 sdt garam + gula 1/4 sdt)


CARA MEMBUAT :


1. Aduk bumbu halus telur, dan santan.

2. Tuang sedikit demi seidkit ke dalam tepung beras dan tepung kanji sambil diaduk rata.

3. Tambahkan daun jeruk, aduk rata.

4. Ambil satu sendok sayur. Tambahkan 1 sendok teh teri medan.


5. Tuang ke tepi wajan yang panas sambil disiram-siram hingga lepas dari wajan.

6. Goreng sampai renyah.


Sumber : Sedap Sekejap
 
Top