Siapa bilang internet tidak bisa bikin kaya. Buktinya, Simon Nixon masuk dalam kelompok pengusaha muda kaya raya di Inggris berkat internet.

Padahal sebelumnya, internet di Inggris tidak dipercaya bisa membuat kaya seseorang. Namun oleh Nixon, hal itu dibuktikan dengan dinobatkannya sebagai pengusaha muda berusia di bawah 40 tahun dan terkaya di Inggris versi harian Telegraph.

Selain penobatan tersebut, dia juga mampu melakukan terobosan dalam dunia usaha dengan mengenalkan bisnis keuangan secara online.

Dalam kurun waktu kurang dari satu dekade, dia mampu mengeruk keuntungan sebanyak 363 juta poundsterling (Rp.6,65 Triliun). Di Inggris, Nixon dikenal sebagai PENGUSAHA INTERNET. Kesuksesan Simon Nixon, yang berusia 40 tahun, berawal dari situsnya www.moneysupermarket.com.

Dia adalah entrepreneur yang memanfaatkan internet sebagai MESIN UANGnya. Moneysupermarket.com merupakan situs yang menyediakan layanan layaknya broker keuangan bagi masyarakat.

Dengan satu situs saja, para pengakses bisa mendapatkan 25 fitur, mulai dari pegadaian, pelayanan tiket pesawat, asuransi, belanja, dan masih banyak lainnya.

Paling baru, situs itu juga dijadikan media berinvestasi melalui saham. Nilai kekayaannya memang tidak terlalu besar. Hanya saja, nama Nixon masih terus menggema di kalangan para pengusaha. Maklum, dia mampu menjebol dinding bisnis di Inggris.

Sebelumnya, banyak kalangan yang meragukan bahwa tidak mungkin menjadi orang kaya hanya dengan modal situs internet. Pandangan mereka wajar, karena jarang perusahaan berbasis online berkembang dan besar di Inggris. Namun Nixon mampu membuktikan bahwa keraguan itu tak beralasan.

Ketika moneysupermarket.com masuk bursa saham, perusahaan milik Nixon mencatat sejarah. Bisnisnya menjadi usaha online pertama yang paling tinggi nilai penjualan saham pertamanya (IPO).

Ketika itu, penjualan sahamnya mencapai 700 juta poundsterling (Rp.12,80 Triliun) pada Juli tahun lalu. Angka yang cukup menakjubkan! Pada tahun lalu saja, dia berhasil menorehkan keuntungan mencapai 18,6 juta poundsterling (Rp.340,23 Miliar).

Nixon menuturkan, keuntungan didapatkan dari komisi yang disediakan oleh provider dan mitra yang diajak kerjasama.

Keuntungan akan semakin besar dengan kelancaran pemasaran dan distribusi yang tepat, menjadikan mitra kerja seakin percaya pada perusahaannya.

Sumber: Harian Fajar
 
Top